Cara Daftar BPJS - Cara Buat Paspor Online - Cara Buat Scrapbook

Mengenang Peristiwa G 30 S PKI 1965


Selamat malam kawan blogger sekalian,

Pada kesempatan kali ini saya akan mengingatkan Anda mengenai kejadian yang terjadi 42 Tahun yang lalu. Kejadian tersebut adalah kejadian yang mengawali perang saudara di negeri kita yang tercinta ini, yaitu adanya Pemberontakan G 30 S PKI 1965.

Mungkin bagi Anda yang sudah berusia lebih dari 20 tahun pernah menyaksikan film dokumenter Pemberontakan G 30 S PKI pada tahun 90'an. Pada waktu itu saya juga sempat menyaksikan film tersebut karena rasa keingintahuan saya saat asih kecil. Tapi pada waktuitu saya belum pandai mengingat, jadi banyak yang lupa isi filmnya seperti apa.


Pada kesempatan saat ini, saya sama teman teman kontrakan sepakat melakukan renungan tentang film tersebut. Mumpung koneksi lagi lancar dan internet lagi ngebut. Kami bareng bareng mencari download'an film tersebut. Dan akhirnya nemu juga.

Bagi para sahabat blogger yang ingin melihat lagi film dokumenter tersebut, para sahabat bisa mendapatkannya di link di bawah ini.

1. Download melalui Youtube dengan bantuan IDM
    Silahkan klik di sini.

2. Download melalui Indowebster
    Silahkan klik link di bawah ini
    Film bagian pertama
    Film bagian kedua
    Film bagian ketiga

Sumber informasi :  Pedas Manis Cinta


Sedikit sinopsis film Pemberontakan G 30 S PKI

Jenis Film : Drama Dokumenter
Produser : G. Dwipayana
Sutradara : Arifin C. Noer
Penulis : Arifin C. Noer
Durasi : 220 menit
Pemeran :
  • Bram Adrianto
  • Syu'bah Asa
  • Ade Irawan
  • Amoroso Katamsi
  • Umar Kayam
  • Didi Sadikin
  • Kies Slamet
  • Sofia WD
  • Wawan Wanisar

Sinopsis
Film ini adalah versi resmi pemerintah Orde Baru tentang peristiwa yang terjadi pada malam 30 September dan pagi 1 Oktober 1965 di Jakarta. Pada malam dan pagi hari itu terjadi pergolakan politik di Indonesia yang kemudian berujung pada pergantian rezim dari Soekarno ke Soeharto. Pihak Orde Baru di bawah pimpinan Soeharto mengatakan bahwa Partai Komunis Indonesia melakukan pemberontakan yang kemudian digagalkan oleh Soeharto sendiri. Inilah yang menjadi dasar film tersebut.
Sampai hari ini masih banyak orang yang mempertentangkan kebenaran hal tersebut dan topik ini masih diselimuti banyak kontroversi dan rahasia.
Pemerintahan Soeharto kemudian memerintahkan satu-satunya stasiun televisi di Indonesia saat itu, TVRI, untuk menayangkan film ini setiap tahun pada tanggal 30 September malam. Pada saat stasiun-stasiun televisi swasta bermunculan, mereka juga dikenai kewajiban yang sama. Peraturan ini kemudian dihapuskan pada tahun 1998 dan sejak saat itu film ini belum pernah lagi diputar di stasiun televisi Indonesia.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenang Peristiwa G 30 S PKI 1965

39 komentar:

  1. ini adalah trauma yg sangat mendalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga trauma tersebut menjadi kebahagiaan di masa sekarang dan akan datang mas

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. wah, jujur saya belum pernah liat film ini Mas....

    dulu waktu masih di tayangin, terlalu malam di tempat saya yang termasuk bagian Indinesia tengah (WITA). trus kemaren dapat filmya, tapi kecil banget ukurannya gak jelas gtu... alhasil sampesekarang belum nonton.....

    terimakasih linknya Mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya ayok liat mas, tapi filmnya masih hitam putih

      utk ukuran udah lumayan besar kok mas, gambarnya juga udah jelas

      sama sama mas ^^

      Delete
  3. jadi terkenal di tahun 80-akhir sampai 90-awal, persaan ga ada darah merah mas, maklum tipinya hitam putih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, filmnya juga dokumeter mas, jadi juga masih hitam putih

      jadi pengen pulang ke jombang dan datang di beberapa daerah ladang pembantaian warga yang PKI mas jun

      Delete
  4. Sekarang udah dilarang ya mas penayangan nya.. :)
    saya waktu kecil juga sempat liat.. hadeuuhh.. X(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sekarang donlot dulu mbak, nanti kan bisa diliat lagi ^^

      semoga bermanfaat

      Delete
  5. Dalam Sejarah Indonesia tercatat

    1926 : pemberontakan PKI
    1948 : Pemberontakan PKI
    1965 : pemberontakan PKI
    Semoga tak ada pembrontakan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga yang ada kebahagiaan dan kesejahteraan ^^

      Delete
  6. jd inget dulu tiap tgl 30 sepetember selalu ada film ini ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda, selalu liat di TVRI

      gara gara durasinya lama, nggak pernah nonton sampai habis

      Delete
  7. dulu sampe bosen tiap tahun diputer di tvri...
    sekarang kok kangen pengen liat lagi ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nek kangen yo ndang didonlot mas link seng nang nduwur, ora usah sungkan sungkan

      Delete
    2. udah donlot dari dulu. cuma ngebukane kok males ya
      panjangnya minta ampun. hehe

      Delete
    3. sampeyan iki yok opo se, jarene seng dowo dowo iku senengane ibuk'e

      yo ngko dibuka karo ibuk'e ncip aro ncit mas

      Delete
  8. dulu jaman saya kecil, sampe nunggu2 tuh nonton film ini di TVRI. kayaknya sayang buat dilewatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, mumpung sekarang udah nggak ditayangin, donlot link tersebut mas, nanti disambi tidur ^^

      Delete
  9. Sama dengan Pak Rawins.
    Dulu sampe bosen disuruh liat dan bikin sinopsis.
    Sempet buka linknya tapi kok ternyata gak tertarik Mas Imam.. Hehehe
    Makasih udah sharing. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas dani, nggak apa2 kok

      kalo saya kebetulan karena kangen mas sama film itu, makanya nyari2 link utk donlot filmnya ^^

      Delete
  10. dari dulu paling takut nonton film ini..makasi aja linknya Mam,
    hewhew

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu takut mi, kalo mimi liat pasti nanti ditemenin sama Jendral Ahmad Yani, hehehe

      Delete
  11. Saya lupa apakah pernah menonton film ini sampai habis krn lupa sama sekali jalan ceritanya. Mengenai kebenaran isinya, konon ada pepatah yg mengatakan bahwa sejarah ditulis oleh penguasa. Pasti versi mereka lah yg paling benar. Lah wong supersemar asli yg membuat perpindahan kekuasaan tersebut juga gak ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga polemik mbak evi, film ini adalah film dokumenter dengan niat yang terselubung, setahu saya ya memang seperti itu

      terima kasih mbak udah berkunjung ^^

      Delete
    2. Wong pemberontakan PKI sudah dari zaman kapan mbak Evi....???

      Delete
  12. bukan hanya melalui tipi ri saja penayangannya, sebelum itu hampir di seluruh pelosok desa denagn menggunakan layar tancep. Benar-benar promosi film terbesar dan terlama yang pernah saya lihat. Tentu sampek bosen nontonnya.
    Dan lagu yang paling melekat di kepala saya adalah gendjer gendjer, yang merupakan singkatan dari Gerakan Djenderal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, lagunya Lilies Suryani memang sempat in pada tahun 80 an mas

      lagu tersebut juga penuh makna yang tersirat mas

      Delete
    2. Genjer bukannya singkatan dari Genjot Jendral karena beberapa janderal dibunuh

      Delete
    3. saya juga pernah tahu kalau singkatanya itu dhe

      Delete
  13. tahun 90an saya nonton film itu, waktu itu masih pakai tv hitam putih, tapi saya lebih banyak takutnya, ngeri waktu itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya dari kecil suka nonton film sejarah mas, meskipun ngeri ya nanti sambil mintak rangkul ke bapak atau ibu ^^

      Delete
  14. Replies
    1. ya mau bagaimana lagi bunda, ini bagian dari politik

      Delete
    2. Yang Jelas PKI Itu memang ada...sudah dari Zaman Kapan selalu ada pemberontakan.....???

      Delete

  15. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih bang MF abdullah kayaknya

      kemarin mau simpan di rss feednya gak bisa mas blog ini

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan menuliskan jejak Anda tentang postingan di atas
Semoga tulisan di atas bermanfaat bagi Anda ^^

Note : Komentar dengan Link Hidup akan di delete.